Saturday, December 8

Sudah Hemat Energi ?

gambar oleh : septisetiyawati
hemat energi ?
sudah sering sekali rasanya mendengar "hemat energi" tapi sudah kah anda mengemat energi ?
Energi merupakan sumber dari semua kehidupan, tanpa energi manusia bahkan bumi ini mungkin tidak akan bisa beraktivitas dengan baik.
baiklah, berbicara mengenai hemat energi . sebenarnya langkah seperti apasih yang  harus kita lakukan untuk terciptanya lingkungan yang hemat energi dan jelas bisa bermanfaat bagi lingkungan.
seperti yang kita tahu, bumi telah memberikan kita segala sesuatunya tapi coba apa yang telah saya atau mungkin anda lakukan untuk bumi ?

mulailah dari hal hal kecil, membuang sampah pada tempatnya misalnya dan alangkah lebih baiknya memisahkan antara sampah organik (seperti sampah sisa-sisa makanan, dan sampah sampah yang mudah membusuk) dan sampah anorganik (seperti wadah makanan, kertas, kaleng, dan semua jenis sampah yang tak mudah membusuk dan tak bisa di degradasi oleh bumi, namun bisa didaur ulang). seperti yang kita lihat di jalan-jalan mungkin, atau di lingkungan kampus terdapat dua jenis tempat sampah, yaitu orange (untuk sampah organik) dan biru(untuk sampah anorganik) .
tapi sudahkah kita memaksimalkan penggunaannya ?
menurut saya belum, penggolongan tempat sampah ini menjadi tidak efektif ketika tidak ada pemahaman yang diberikan kepada masyarakat. terbukti dengan masih banyaknya orang yang membuang sampah plastik ke dalam tempat sampah berwana orange (organik). dan jumlah tempat sampah yang masih terbatas.
jadi apa yang harus kita lakukan ?
mulailah dari diri sendiri, biasakan buang sampah berdasarkan jenis sampah, mulailah untuk memilah sampah mana yang dapat di daur ulang dan sampah mana yang tidak. biasakan diri membuang sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik yang tidak mudah terurai oleh bumi. jika sudah mulai dari diri sendiri, mulailah mengajak orang orang terdekat anda melakukan kebiasaan baik tersebut. lalu lihat, betapa langkah kecil bisa membuat perubahan besar untuk lingkungan.

tidak hanya melalui dunia nyata, dalam dunia maya (internet) pun kita bisa melakukan penghematan energi.
seperti yang saya lakukan misalnya, menggunakan energy saver diwebsite atau blog pribadi saya. langkah ini mungkin terlihat sepele. tapi coba dengan hal kecil ini bisa mengurangi gas Karbon dioksida yang dihasilkan.
tahukah kalian berapa banyak CO2 yang kita keluarkan saat berselancar di dunia maya  atau web ?
setiap menit  seribu pengunjuang akan mengeluarkan 1,2 kg gas CO2 ke atmosfer. mungkin ini jumlah yang sedikit, tapi coba bayangkan ada berapa banyak orang di dunia ini dan hampir semuanya menggunakan internet. jadi menggunakan energy saver dapat mengurangi jumlah CO2 yang dibebaskan ke udara.
maka dari itu, saya juga mengajak teman-teman blogger atau pengguna website, untuk senantiasa menggunakan energy saver sebagai langkah kecil untuk menyelamatkan bumi. salah satu penyedia energy saver untuk website adalah onlineleaf. jika anda ingin menggunakannya anda bisa mengunjungi situsnya disini

jadi sudah kah anda melakukan hemat energy ?
mari mulai dengan langkah kecil untuk perubahan yang lebih besar
untuk generasi mendatang
untuk bumi yang lebih baik
hemat energy, cintai lingkungan merupakan tanda cinta kita terhadap bumi

-septisetiyawati-


Share:

0 komentar:

Post a Comment

mari berteman~

Blog Archive