Sunday, July 24

DIFUSI GAS II

HASIL PENGAMATAN
Kegiatan 1. Difusi Gas
Zat
Waktu
Lakmus ke-
Perubahan
NH4OH
00:28:36
1
Lakmus Merah menjadi biru dan Lakmus biru tetap biru
01:07:73
2
02:31:14
3
05:02:40
4
07:58:24
5
10:10:62
6
13:38:60
7
16:31:36
8
20:35:60
9
35:02:10
10
HCl
00:14:26
1
Lakmus biru menjadi merah dan lakmus 
biru tetap biru



ANALISIS DATA
Difusi gas merupakan campuran antara molekul satu gas dengan molekul lainnya yang terjadi secara berangsur-angsur atau secara sedikit demi sedikit. Pada percobaan difusi gas ini juga terjadi secara baernagsur-angsur atau sedikit demi sedikit, tidak semuanya langsung bereaksi tetapi melalui tahapan. Karena kecepatan rata-rata dari gas ringan lebih besar daripada dari gas berat. Jadi gas ringan akan berdifusi lebih cepat dari pada gas yang lebih berat.
Pada percobaan ini digunakan 2 zat yaitu HCl dan NH4OH. Pada percobaan terlihat bahwa difusi lebih cepat dilakukan oleh NH4OH, karena dalam waktu 35 menit semua kertas lakmus yang ada berubah menjadi warna biru. Hal ini juga dapat diambil kesimpulan bahwa NH4OH benar-benar bersifat basa. Sedangkan HCl tidak dapat merubah kertas lakmus lebih cepat dari pada NH4OH.
Karena kertas lakmus yang ada ditempat dekat tempat ditetesi HCl, kertas lakmus berubah menjadi merah, tetapi hanya pada kertas lakmus yang pertama saja dan kertas lakmus yang lain tidak berubah menjadi merah. Dan pada menit ke 35 kertas lakmus tersebut berubah warna menjadi biru kembali.
Hal ini disebabkan karena HCl bersifat asam kuat sehingga ikatannya lebih kuat dari pada NH4OH yang bersifat basa lemah. Semakin kuat ikatan semakin sulit melepaskan ion-ionnya. Sehingga semua lakmus lebih cepat berubah warna menjadi biru.

LAMPIRAN
1.      Dari hasil percobaan, mana yang lebih cepat antara difusi gas dan difusi zat cair, mengapa demikian? Jelaskan!
Jawab:

Difusi gas lebih cepat dibandingkan dengan difusi zat cair. Hal ini dikarenakan molekul gas lebih kecil sehingga pergerakannya akan lebih mudah dan cepat dibandingkan zat cair yang molekulnya lebih besar dan pergerakannya lebih sulit dan lambat.
KESIMPULAN
·         NH4OH merubah lakmus merah menjadi biru lebih cepat dibandingkan dengan HCl yang merubah lakmus biru menjadi merah.
·         NH4OH merupakan basa lemah sehingga dalam proses difusi lebih cepat karena ikatan yang dimilikinya lebih bebas dan menghasilkan gas NH3 (ammoniak), sedangkan HCl bersifat asam kuat yang memiliki ikatan yang kuat dan sulit untuk memecahkan ion-ionnya
·         Difusi gas lebih cepat dibandingkan dengan difusi zat cair

DAFTAR PUSTAKA
Campbell. Biologi Jl. 2 (lux) Ed. 5. Erlangga
Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid Satu. Jakarta: Erlangga


Share:

1 comment:

mari berteman~

Blog Archive