Friday, January 10

Satu Hari Sebelum ...... part1

Bismillah..
assalamu'alaykum bloggie ...
ketjeeh gak judul postnya? terkesan gimana gitu kan, satu hari sebelum ... (isi titik-titiknya coba). iya bisa sih sebelum tua, sebelum meninggal, sebelum sempit , sebelum sakit,sebelum miskin,  atau sebelum menikah *eh.
bukan-bukaan, yang bener itu sebelum tanggal 10 januari 2014. 
ada apaan sih cep tanggal 10 januari ?? mau tau banget niiih ? ciyuuus ? enelaan ? *alay*
baiklah, tanggal 10 itu adalah batas terakhir dosen dosen masukin nilai ke siakangd. dan tanggal 9 adalah batas terakhir yang harus gue kejar untuk mengumpulkan makalah revisian sps gue.
yak, alhamdulillah akhirnya gue maju sps di detik-detik terakhir perkuliahan tapatnya 7 januari 2014. awalnya sudah pasrah dan gak peduli lagi mau dimasukin nilai semester ini atau nilai semester depan. tapi ternyata dospem (dosem pembimbing) I gue dan yang lainnya (dian dan tono), bapak yang sangat ketjeh banget itu diskusi sama dosen pengampu yang akhirnya bisalah nilai masuk semester ini dengan syarat dan ketentuan berlaku *kayak iklan*. ya itu, harus selesai tanggal 9 januari dan jam 12 siang sudah rapi dan ada dimeja dosen pengampu. yaudah usaha maksimal banget deh, alhamdulillahnya dosen penguji gak ngasih revisi  banyak, tapi tetep aja sih penguji I gue cukup bikin kelimpungan karena penelitian R & D gue harus dibarengi juga dengan Action Research  padahal mix methode gitu punyanya S2 dan butuh waktu lama untuk ngelaksanain itu. tapi setelah konsul lagi sama dospem *yang sangat ketjeh* gak perlu kayak gitu. yowislah.

baik itu sedikit tentang pengalaman sps, lalu ada apa dengan satu hari sebelum... ?
eheem uhuk eheem.. *cek suara* 
cerita mulai dari sini ya .. *lah cep daritadi belum cerita*
dimulai dari jam setengah 4 pagi ditanggal 9/1/2014. gue bangun *sambil kucek mata* harusnya gue bangun jam 12 malem menjelang dini hari. tapi setelah dibangunin mama, gue malah tidur lagi, alhasil gue bener-bener bangun jam setengah 4 dihari kamis, dengan meminum beberapa tenggak *lah? cem iyaa tenggak* maksudnya beberapa gelas air untuk memulai puasa *iya gak sahur, karena males turun ke bawah dan makan* . setelahnya gue menatap si layar laptop lagi, buka makalah sps dan mulai revisi lagi yang terakhir kali. kemudian gak lama setelahnya adzan subuh. gue bener-bener ngedit makalah setelah subuhan, dan sekitar setengah 6 udah beres dan tinggal print. awalnya dihari sebelumnya (8/1) gue dan dian lebih tepatnya janjian untuk sampe kampus pagi *sekitar jam 7an* karena mengejar tanda tangan dospeng I (dosen penguji) yang kabarnya beliau ada ngajar S2. tapi ternyata kita gue baru bisa sampe kampus jam 8 pagi dan dian sedang diperjalanan .
jam 8, kampus masih sepi karena itu masih terbilang pagi dan mahasiswa kebanyakan sudah mulai libur *harusnya gue juga kan?*. lah wong gak liburan aja sepi apalagi libur, senyap sudah. tujuan pertama adalah jurusan tapi ternyata kepagian, dan malah dapet kabar agak bikin hopeless pagi -pagi karena si mas anwar *adm jurusan* bilang kalo S2 kayaknnya udah selesai kuliah dan artinya dospeng gue ini gak ngampus. awalnnya tetep optimis sih, yaudah mungkin masih dijalan jadi gue memutuskan untuk menengok ke sekret bpm dulu. kabarnya dari pesan di hp gue bakal ada rapat jam 8 gitu, tapi ternyata jam 8 baru ada dien dan kunti, dan setiap kali ke bpm kalo sehari sebelumnya hujan terus adalah beres-beres *agenda wajib* . 
sekitar jam 9 ketika rapat udah mulai ada yang nyamperin gue ke bpm, siapa lagi kalo bukan temen seperjuangan mengejar tanda tangan hari itu, yak si dian dateng, dan hape gue bunyi *lahteruskenapa?* . kali ini ada panggilan dari dospeng II yang kemudian ngabarin kalo beliau gak ke kampus, dan bisa menemui beliau untuk tanda tangan di keluar tol rawamangun deket UT (universitas terbuka). aaaaaaaaaaaah, seketika gue langsung beres-beres dan  nyiapin makalah dan ngajak dian yang baru dateng meluncur ke deket tol dan ninggalin rapat. tau gak kebayang sama gue apa ? bapaknya cuma mau tanda tangan di mobil dan kita nunggu di keluaran tol. dan koplaknya pas nunggu si dian bilang itu bukan bapaknya *ngeliat orang naik motor berhenti depan kita* ini jelas ngaco, lah wong bapake aik motor masa turun tol ? -,-".
gue sama dian macem anak ilang dipinggir jalan, merhatiin kalo-kalo bapak dospeng II lewat dan lambai-lambai tangan. sempet ngebayangin alo akhirnya kita harus loncatin pager tol untuk minta tanda tangan. atau kayak loper koran sambil angkat-angkat makalah ditengah jalan supaya keliatan sama beliau. *stres*. setelah nunggu sekitar setengah jam, beliau telepon gue lagi dan ternyata kita disuruh masuk ke dalam UT lantai 3. *lah si bapak*.  akhirnya masuklah kita ke UT , lift dan ruangannya lebih bagus cyiin kalo dibandingin sama kampus sendiri *lah salah fokus*. sweet banget adalah ketika kita keluar lift beliau sudah ada di depan *nugguin kita gitu* dan kemudian beliau tanda tangan diruangnya. gue baru tau kalo beliau dosen di UT juga, dan bahkan gue baru tau beliau di semester ini *paraah*. dan gak ada 2 menit selesai makalah udah ditanda tanganin sama beliau. Sungguh beliau baik banget, coba semua dosen begini. dimintai tanda tangan gampang sekali dan gak terlalu menyusahkan mahasiswa. dan beliau bersedia gitu ngasih kabar ke mahasiswa,  beliau di UT cuma setengah jam karena kemudian beliau bilang  mau ke cibubur. coba bayangin kalo bapaknya udah ke cibubur? beeh banget perjuangan minta tanda-tangannya. terima kasih bapak, dospeng II : Done ! alhamdulillah.

lanjut, hari ini harus berhasil minta tanda tangan dospeng I, dospem I, dospem II, kaprodi,dan kajur. panjang kan alurnya ~. habis dari UT gue ke jurusan buat mastiin lagi keberadaan dospeng I gue dan ternyata beliau hape nya tidak bisa dihubungi *beeeh* kemudian gue coba memastikan keberadaan dospem II gue, dan ternyata  beliau ada di bandung sodara-sodara *gak mungkin kan gue kejar ke bandung ?* tapi karena beliau biliang dikumpulkan saja dulu makalahnya nanti  beliau yang tanda tangan *karena gak mungkin juga beliau bela-belain ke jakarta cuma buat tanda tangan mahasiswa, emanga lo siapaa ?*. Alhamdulillah bisa lega sedikit, artinya udah cincai sama dospem II. kembali ke dospeng I, akhirnya gue memutuskan untuk mendatangi rumah beliau di daerah bekasi, karena kebetulan kaka ijeh *izzah* juga mau ke rumah beliau untuk minta tanda tangan. bermodal dengan helm minjem ke si kun, gue dan dian mantap berangkat ke bekasi *dan itu sekitar jam setengah 11*. sampe rumah ijeh sekitar jam 11 dan meluncurlah kita ke rumah pak imam naik mobil kaka ijeh.
akhirnya sampailah kita semua di rumah beliau, beliau lagi asik nyiramin taneman dan mandiin kelinci *lucu banget kelincinya tapi kurus* baiklah salah fokus lagi. kedatangan kami disambut baik, karena beliau sudah kenal kaka ijeh juga, jadi langsung kami meminta tanda tangan.. pertama kaka ijeh, jelasin  bagian makalah yang dia revisi dan kemudian ditandatangani dengan cepat. kemudian lanjutlah ke giliran gue, beliau inget gue maju tanggal 7 dan beliau menanyakan terkait apakah kami ganti judul atau tidak. dan gue jelasin dengan sangat pelan *kata kaka ijeh 5 km/jam* karena FYI beliau habis sakit dan masih dalam pemulihan jadi harus dangat pelan-pelan ngasih pengertian ke beliau. dan akhirnyaaa......................... DITOLAK .........
beliau gak mau tanda tangan, karena gue dan dian gak ganti judul dan metode penelitiannya. beliau bilang kalau begitu penelitian gue dkk gak ada manfaatnya. Astaghfirullah, jleb langsung mau nangis. sudah sampai bekasi dan ditolak. ya mau gimana lagi akhirnya pasrah. begitupun makalah dian k *bukan si diansey* yang dititipkan ke ijeh, beliau bilang untuk datang langsung dan tidak diwakilkan. dan akhirnya kita kembali ke mobil ijeh dengan tangan kosong tanpa tanda tangan. lemes, sedih gak karuan. dan disitu rasanya mau nyalahin orang yang udah doain kita gak dapet tanda tangan *yaaak si kunti* tapi yakali.
sebenernya kita udah buat cover dengan judul yang beliau minta, biar beliau mau tanda tangan. tapi karena awalnya kita berpikir untuk tetap jujur saja, makanya kami urungkan. di mobil akhirnya gue memutuskan untuk menelpon dosen pengampu, karena sudah jam 12 sedangkan terakhir jam 12. dan beliau bilang harus bicara baik-baik lagi ke penguji tersebut, dan beliau masih ingin melihat usaha maksimal dari kami dan dikonsultasikan ke pembimbing lagi *baiklah ini sedikit nenangin, sedikit bgt tapi*. 
selanjutnya gue menghubungi dospem I *yang ketjeh itu* dan beliau bilang yaudah ikutin aja bapak penguji I mau apa, tapi dalamnya gak usah diganti lagi. baiklah pak ...

to be continued...
Share:

2 comments:

  1. Semangat kak cepi, Ya Allah semoga bisa LULUS di tahun 2014 kak septi. Semoga di Tahun 2014 adalah tahun keberuntungan untuk kakak2ku yang sedang berjuang dengan skripsweet nya :) Amin

    ReplyDelete

mari berteman~

Blog Archive