Tuesday, January 29

Penekat dan Nekat

dalam KBBI online :
"ne·kat /nékat/ a 1 berkeras hati; dng keras atau kuat kemauan: meskipun sudah dilarang oleh polisi, mereka -- masuk; seorang demonstran -- melemparkan diri pd kawat berduri2 terlalu berani (dng tidak berpikir panjang lagi): sekarang banyak penodong yg --; 3tidak mempedulikan apa-apa lagi (krn putus harap, hilang akal, malu sekali, dsb): krn sangat malu, ia -- meninggalkan kampung halaman dan keluarganya; 4 tetap tidak mau (mengalah, menurut, menyerah, dsb); bersikeras; mengotot: sebenarnya ia sudah kalah, tetapi masih -- saja;
ne·kat-ne·kat a terlalu nekat: setiap tindakan yg ~ akibatnya harus ditanggung sendiri;
pe·ne·kat n orang yg biasa berbuat nekat: ia memang pemberani dan ~;
ke·ne·kat·an n perbuatan (hal dsb) nekat: keberaniannya bertambah dan ~ nya berlipat. "
baiklah,mulai saat  ini gue (aku) akan mencoba menulis dengan bahasa yang sedikit baik dan benar hingga batas kalimat yang tidak ditentukan.
seperti yang terlihat diatas,  tentang pengertian nekat dan penekat. aku mengkategorikan diriku sebagai penekat dan perbuatan yang ku lakukan adalah nekat.
nekat biasanya ku lakukan sendiri , tapi entah mengapa belakangan ini aku merasa membuat teman-temanku ikut nekat. seperti merasa membawa dampak negatif, tapi entahlah. *ini semacam isi berita kriminal ya direksinya*
seringkali nekat kulakukan jika aku sudah merencanakan pergi kesuatu tempat. misalnya awal liburan kemarin,
ketika rencana karaoke gagal aku nekat pergi mencari nasi bakar yang tidak aku tahu lokasinya dan juga nekat ke taman yang hanya pernah aku dengar sekali. dan saat itu aku mambawa pipeh turut serta.
kemudian, ketika nekat menerobos hujan, meminjam helm sampai ke rumah pipeh yang jaraknya jauh dengan niatan ke planetarium, tapi aksi nekatku di hentikan oleh hujan, dan berkahir hanya pada warung steak di pondok gede. nekat kali ini bersama dian.
jadi ingat, kejadian kejadian nekat yang aku lakukan sendiri. walaupun berujung bertemu dengan orang lain. tapi tetap saja aku melenceng dari niat awal.
misalnya nekat menusuri jalan yang aku gak pernah tau tapi tetap melanjutkan perjalanan , ini ketika aku mencari jalan ke ragunan sendiri. kalau biasanya aku naik bus atau transjakarta untuk kesana, aku nekat pergi kesana dengan sepeda motor biruku dan berujung nyasar hingga depok.
kemudian, ketika idul fitri aku ingat nekat pergi ke rumah dian dan mengajaknya ke depok, tapi ternyata rumah yang dituju saat itu ramai. alhasil, aku nekat bawa anak orang pergi motor-motoran itu namanya.
kemudian nekat ke kebun raya sendirian , entah apa yang aku pikirkan. mungkin aku sudah penat  hingga melakukan hal yang tidak biasa
atau sendirian pergi nonton di detos, dengan posisi duduk di pojok.
entahlah ada apa dengan saya.
pernah juga saya nekat menyusuri jalan, dan ternyata kembali ke jalan itu lagi.
dan yang terakhir, kehabisan tiket jkt-jogja, tetep nekat pergi dengan kereta solo dengan biaya pas-pasan juga

yaampun, terkadang heran juga kenapa bisa senekat itu ,dan belakangan bawa anak orang jadi ikutan nekat.
jadi mikir juga sih, tapi positifnya adalah aku jadi tau (lumayann) banyak hal. walaupun tetep gak bisa menghapal jalan dengan baik.

pelajaran untuk kedepannya, harus lihat kondisi kalau mau pergi, terlebih kesehatan (jiwa-raga-hati -pikiran-badan- dan dompet )
tips nekat berkendara :
pastikan kamu punya kartu identitas lengkap, surat ijin mengemudi lengkap, stnk, bensin , yang terpenting pastikan kamu punya uang di dompet :D

salam dari penekat

septisetiyawati
Share:

0 komentar:

Post a Comment

mari berteman~

Blog Archive