Sunday, May 13

ceritanya"diary perjalanan" part 3

heyho,
telat banget ga sih kalo gue sambung cerita OSC hari gini ?
ah, ga ada kata telat, nanggung juga kan kalo ceritanya ga dikelarin.
masa ngegantung,
ga enak lah ~

mulai dari mana ya ?
oh, sehabis ishoma, kami kembali lagi menuju aula. kali ini agendanya adalah presentasi kelompok. dan berhubung gue adalah orang "dadakan" yang ikuta OSC, gue pun belom nyiapin materi presentasinya. tapi untungnya, kelompok dilebur dan ada temen temen yang rajinnya luar biasa.
yak, untungnya materi yang mau dipresentasiin itu tentang minyak atsiri, setidaknya gue tau sedikit tentang ini dan gue udah pernah main main di lab tentang atsiri ini.
dan alhamdulillah ya, walaupun siap ga siap, presentasinya bubaran . hihi :D. ya, walaupun keliatan ga siapnya, mulai dari pembagian presentasi, sampai ngejawab pertanyaan dengan sepengatahuan gue. dan selalu deh pasti muka "bingung" gue keluar. jawabnya eem.. mungkin.. dsb.
tapi, dari komentar komentar kakannya setidaknya bisa membantu gue dan yang lain untuk memperbaiki dalam hal presentasi. ya toh ?

lanjut, setelah presentasi kelar. ada materi ya mungkin bukan materi, lebih jelasnya diskusi tentang topik yang udah ga asing lagi, "GLOBAL WARMING" alias pemanasan global dengan fasilitator ka irfan. ya, disini dibagi kelompok berdasarkan jurusan, and you know lah, pasukan kimia ya cuma 4 orang rusuh (termasuk gue). as a chemistry student, gue dan 3 orang rusuh dari kimia ini mengungkapkan pendapat ya dari segi kekimiaan, yang sebenernya digabung gabung juga ke biologi dan ke fisika. setidaknya kekimiaan kami bisa terlihat walaupun sedikit *halah*.

setelah diskusi kelar, sebenernya peserta Osc (termasuk gue) mau ada kunjungan dan dapet pengarahan tentang bio gas, atsiri dan buat yogurt. tapi berhubung peserta pesertanya dari *kota* jadi pada norak udah mabur maburan kesana kemari, termasuk gue dan tim rusuh ya, poto" sendiri malahan, jalan ke kandang sapi terus ikutan meres susu sapi, ke tempat atsiri sendiri. haha harap maklum. tapi sungguh deh, ga cuma kami ber4 kok yang begitu.

berhubung pesertanya mabur-maburan, dan bapaknya juga ga tau kemana, alhasil gue sama peserta yang lain ada waktu kosong buat jalan jalan (yang sedikit maksa) . kalo diliat dan diperhatikan, ini kayak acara biologi *ups* bukan maksud gimana, tapi kalo dilihat dari jumlah peserta mayoritas berasal dari biologi. dan waktu jalan begini keliatan banget deh kebiologiannya, dari nyebutin nama tumbuhan, sampe ada yang ngaslab. jadi kepikiran deh, apa jiwa keilmiahan lebih timbul ke anak anak dari jurusan biologi ya?
dari yang gue liat sih begitu, jujur jurusan gue lebih banyak berkutat di lab, dan habis waktu untuk mengerjakan laporan praktikum yang sampai gue nulis post ini masih harus dikerjakan. ya, lagi lagi setiap jurusan pasti ada kekurangan dan kelebihannya. syukuri saja,

lanjut cerita, abis main dan poto-poto di kebun. kami kembali ke mess. kali ini kami diperlihatkan bagaimana membuat yogurt sendiri. tapi tapi kok ibunya megang termometer begitu, berarti suhu tubuhnya ikut ke ukur dong *ceritanya anak kimia yang udah biasa megang alat di lab* . dan setelah itu, ishoma yang wanita kembali ke mess dan para pria kembali ke aula.

malamnya, kami kembali ke aula. malam ini sungguh gue ngerasain dingin yang waw banget dibandingin malem pas kita semua sampai alhasil gue cuma bisa ngeringkuk bareng kiki dan rara ngebentuk formasi anti dingin, hehe. alias tidur tumpuk-tumpukan. materi malam ini ga berat, bahkan asik dan gue tertarik sama materi semacam training motivation itu. seorang pembicara yang berasal dari jurusan teknik lalu berani pindah haluan ke bimbingan konseling. dan tau apa yang terlintas ? gue mau beralih ke psikologi, gue mau banget dan selalu pengen.
oh iya, gue dan peserta lainnya diminta untuk membuat gambar tikus, dan ternyata ada filosofi sendiri tentang hasil gambarnya. yang gue inget adalah kalo kepala tikusnya ke kiri artinya selalu dibayangi masa lalu. dan itu gambar tikus gue -,-". dan harus diakuin iya sih.
terus abis itu, kita juga diminta mematahkan pensil dengan 1 jari, yaitu kelilingking, pas matahin satu pensil, its okay buat gue. tapi ketika disuruh dua pensil sekaligus, gue gagal loh. parah ya, hem berarti masih ada keraguan itu dalam benak gue.
dan satu hal yang terungkap malam itu, ketika seorang penanya dengan inisial mar alias "pacar" yang ternyata takut akan suatu kegagalan, dan jawabannya ketika ditanya gimana kalo lagi ngerasa gagal dengan "mencari pelarian" . amazing, cukup ngebuat temen temen gue bilang "wah, wah" dan pembicara bilang "yang perempuan jangan cari yang begini ya".

semakin larut, saatnya kembali ke mess dan bobo.

#hari ketiga
bangun dari kasur dengan meringkuk kedinginan, subuh ini kita berempat (tim rusuhi ikutan jamaah, tapi bukan di aula. kenapa? karena pas dengan semangatnya kiki mendatangi aula, para cowok cowok ga ada yang jamaah, dan pergi ke musholla depan pertanian manoko, dan alhasil kami ber4 pun ikutan sholat disana, ya hanya kita ber4, yang lain jamaah di mess.
setelah subuh, kami dikumpulkan di aula untuk berkumpul makan roti dan minum susu sekaligus bertemu sapa satu sama lainnya dan memperkenalkan diri dan mengenal satu sama lain. setelah itu, kami kembali ke mess dan bersiap siap.
hari ini ditemani oleh bapak dari manoko, kami diajak berkeliling , mulai dari pembuatan atsiri sampe ke biogas dan main main lagi ke ladang sereh.
setelah itu ?
bubaran, alias kita kembali ke mess untuk packing dan pulang. sebelum pulang kita dikasih yogurt buatan kita sendiri loh , wah kemanisan kalo gue bilang. tapi enak kok :)

dan setelah penutupan dan doa, kami pun keluar dari kebun manko, kembali menusuri track naik turun yang cukup melelahkan, tapi untung tas bawaan ga gue bawa sendiri, tapi ikutkan dengan mobil. perjalanan pulang terasa lebih cepat ya dan lebih santai, mungkin karena saat perjalanan pulang gue jalan bareng si mar . yak, kembali pulang, kembali ke tronton. sepanjang perjalanan, tim rusuh ya tetep rusuh. disaat yang lain ada dizona malam alias tertidur dengan lelapnya, gue dan 3 anak rusuh tetap terjaga dan memainkan games favorite kelas kami, yaitu sambung menyambung lagu. haha :)
ya, setelah perjalanan yang panjang, kami kembali ke jakarta dengan polusinya yang bertebaran dan harus siap beraktivitas kembali esoknya. dan malam itu ga ada orang yang bisa jemput gue di kampus -,-" . alhasil naik traja, dan ternyata bareng juga dengan mar, eci, kiki.  sedangkan rara dan defi punya angkotan yang berbeda. yak, gue berpisah dengan lainnya di shelter bpkp melnajutkan perjalanan transit yang sesuatu banget dan menunggu traja yang tidak kunjung datang. dan yang ngeselin, disaat gue bilang masih nunggu traja, si kiki udah sampe rumah *eeer*

ya, itulah akhir dari cerita perjalanan gue sebagai peserta OSC, semoga jiwa jiwa ilmiah selalu  tumbuh disetiap peserta dan juga mungkin diisemua anak-anak FMIPA. (termasuk gue) :)

cat: gue dikira 2011 loh *ga penting* haha


see yaa :*
Share:

0 komentar:

Post a Comment

mari berteman~

Blog Archive